Masukan Sandiaga Uno Biar Kuliner dan Ekonomi Kreatif Naik Kelas

Posted on

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno mendorong agar para pelaku bisnis mikro dan menengah (UMKM) terutama yang bergerak di bisnis kuliner agar mempunyai mentor bisnis. Hal ini dilakukan agar bisnis yang dilakukan sanggup tetap meningkat.

“Menurut saya yang kekurangan sekali itu mentor bisnis ya. Jadi tak hanya diberikan pendidikan, mereka (pelaku usaha) terhitung wajib didampingi,” kata Sandiaga Uno pas berbincang bersama pengusah kuliner yang terhitung pendiri Warunk Upnormal, Rex Marindo dikutip dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Politisi Gerindra itu menyatakan bahwa berdasarkan information sekitar 80 % bisnis yang mempunyai mentor berjalan peningkatan bisnis sampai dua kali lipat dibandingkan bersama yang tidak mempunyai mentor.

“Jadi terkecuali tersedia mentor kan dibimbing, mentor itu bakal bercerita pengalamannya tentu dia pernah gagal gitu. Jadi dia bilang jangan ke sini, jangan di sini dan bakal mengarahkan pelaku bisnis itu,” ucapnya.

Sandi mengakui banyak orang ada problem dalam mengawali usaha. Namun, kata Sandi tingkatkan bisnis agar naik kelas jauh lebih sulit. Oleh dikarenakan demikianlah maka wajib tersedia mentor yang mengarahkan.

“Jadi berasal dari start-up ke scale-up itu tetap ada problem payah. Jadi kadang-kadang bilang ada problem berkenan mulai bisnis, eh lebih ada problem menaikkelaskan bisnis,” jelasnya.

Sementara itu, Rex Marindo menyatakan terhadap Februari 2021 mendatang pihaknya bakal meluncurkan aplikasi online yang bernama Mentor Kuliner. Aplikasi ini dibuat untu para pebisnis kuliner yang butuh mentor dalam menjalankan bisnis mereka.

Dikatakan Rendi, pas ini dirinya udah terkoneksi bersama hampir 50 ribu pebisnis kuliner seluruh Indonesia. Baik itu pemilik bisnis kuliner kecil atau yang udah mempunyai ratusan outlet.

“Jadi bersama komunitas yang udah banyak banget ini, pebisnis kuliner yang kita kenal ini, kita next caranya itu memfasilitasi untuk mereka sanggup menjadi mentor kuliner. Jadi seolah-olah nanti teman-teman yang butuh mentor, dia cuma wajib masuk ke website-nya sesudah itu nanti di situ bakal banyak sekali mentor kuliner yang dia sanggup bikin janji,” ungkapnya.

Tidak Disimpan Sendiri

Sandi Uno yang merupakan pebisnis nasional menyongsong baik rencana berasal dari founder Warunk Upnormal dan Bakso Boedjangan tersebut. Menurut dia, Rex Marindo udah mempunyai pengalaman bertahun-tahun dalam membangun bisnis dan mengakses banyak lapangan kerja.

“Kini ia bagikan ilmunya kepada masyarakat banyak. Inilah yang namanya ilmu yang bermanfaat, ilmu yang tidak disimpan untuk diri sendiri,” tukas Sandi.