7 Tips Memilih Sepeda BMX yang Tepat

Posted on

Memilih sepeda BMX termasuk susah-susah gampang. Pasalnya anda perlu memerhatikan beberapa hal agar tidak mendapatkan produk yang mengecewakan. Agar anda mendapatkan sepeda BMX yang tepat, berikut ini 7 tips yang bisa anda cermati untuk mendapatkan sepeda BMX yang tepat.

7 Tips Memilih Sepeda BMX yang Tepat

  1. Pilih sesuai fungsinya

Sepeda BMX ini memiliki beberapa jenis. Maka ketika anda hendak membeli sepeda BMX, tentukanlah berdasarkan jenisnya. Sepeda BMX yang akan anda beli untuk apa, bersepeda santai atau kompetisi? Kompetisi sepeda BMX pun beragam. Maka anda harus menyesuaikan dengan jenis kompetisi BMX yang ingin diikuti. Secara umum, ada tiga jenis sepeda BMX sesuai fungsinya. Ketiga jenis sepeda BMX tersebut adalah untuk tujuan olahraga, kompetisi dan hiburan.

– Race

Jika anda suka beradu kecepatan, maka pilihlah sepeda BMX Race. Jenis sepeda BMX ini sangat cocok untuk balapan dan menghadapi rintangan. Sepeda BMX ini juga sangat cocok untuk pada pemula di road race dan MTB.

– Flatland

Jenis sepeda BMX ini sangat cocok buat anda yang suka melakukan gerakan freetyle BMX. Sepeda flatland memiliki ukuran yang lebih kecil, ringan dan mudah dikendalikan.

– Street

Jenis sepeda BMX yang ketiga ini juga cocok untuk kepentingan freestyle dan hiburan. Namun yang membedakan antara street dan flatland adalah jenis BMX street dikhususkan untuk area ekstrem.

  1. Pilih rangka berbahan baja chromoly

Saat mau membeli sepeda BMX, usahakan untuk membeli sepeda berangka baja chromoly. Alasannya adalah bahan ini memiliki kekuatan yang baik namun ringan. Untuk jenis yang lebih murah, anda bisa memilih sepeda berbahan baja high-tensile. Harganya lebih murah, kualitasnya pun lebih rendah daripada baja chromoly. Tetapi ini adalah pilihan yang baik untuk menekan biaya anda.

  1. Pilih sepeda berangka kecil

Kalau bisa, cobalah untuk memilih sepeda BMX dengan ukuran rangka yang kecil. Sepeda BMX dengan rangka lebih kecil daripada ukuran tubuh anda. Hal ini bertujuan agar sepeda lebih ringan, dan anda dapat mengendalikan sepeda dengan mudah. Untuk mendapatkan ukuran rangka yang pas, anda perlu mengukur top tube dan seat tube dengan tinggi badan anda.

  1. Pilih jenis ban sesuai fungsi

Tidak hanya jenis sepeda yang perlu diperhatikan, anda juga perlu memilih dengan baik jenis ban yang akan digunakan. Pilihlah ban sepeda sesuai fungsi atau tujuan bersepeda. Jika ingin balapan, maka gunakan ban balap, dan untuk freestyle anda bisa memilih ban jenis street atau flatland.

  1. Pilih sadel yang nyaman

Jangan lupa untuk memilih sadel yang nyaman. Ada baiknya untuk memilih sadel yang tebal agar nyaman ketika diduduki. Jika sadel sepeda kecil, hal ini tidak maasalh untuk freestyle. Yang terpenting sadel tebal dan nyaman.

  1. Cermati fitur sepeda

Untuk sepeda freestyle, biasanya produsen sepeda BMX akan memberikan beberapa fitur dalam menunjang aktivitas freestyle. Nah, anda perlu memperhatikan secara cermat fitur-fitur yang ada. Adapun fitur yang perlu anda perhatikan meliputi freecoaster hub, jalu, gyro dan left drive.

  1. Belilah sepeda di toko terpercaya

Hal yang wajib anda lakukan ketika memilih sepeda BMX yang tepat tentunya adalah membeli sepeda tersebut di toko sepeda khusus BMX yang terpercaya. Ini adalah cara yang tidak terbantahkan untuk mendapatkan sepeda BMX yang memuaskan. Oleh karena itu, kunjungilah toko yang tepat.

Demikian itu adalah 7 tips yang perlu anda perhatikan ketika mau memilih sepeda BMX yang tepat. Semoga dengan ulasan tersebut, anda semakin paham bagaimana cara membeli sepeda BMX yang tepat. Jika sudah tahu pilihan yang tepat, segeralah beli dengan bijak.